Agar Blog Ini Dapat Berkembang Tolong Diclik Iklan Dibawa Ini

26 Juli 2009

Saksi Mata Terakhir Perang Dunia I di Inggris Meninggal Dunia

Harry Patch, saksi mata terakhir Perang Dunia I di Inggris, meninggal dunia dalam usia 111 tahun. Patch yang dikenal memiliki selera humor dan 'mata berkelip' itu meninggal di kediamannya di Somerset, Inggris Barat.

Seperti diberitakan Reuters, Sabtu (25/7/2009), kepergian Patch ini hanya berselang seminggu setelah sebelumnya salah satu saksi mata Perang Dunia I yang juga pria tertua di dunia, Henry Allingham, mangkat pada usia 113 tahun.

Dengan meninggalnya Patch ini, maka saksi mata terakhir Perang Dunia I kelahiran Inggris adalah seorang pelaut bernama Claude Choules yang sekarang tinggal di Australia.Patch yang tadinya berprofesi sebagai tukang ledeng itu dikenai wajib militer pada usia 18 tahun. Dia ditempatkan di parit-parit di Ypres, Garis Barat.

Di sana Patch terluka dan menyaksikan 3 teman terdekatnya tewas dalam perang Passchendaele.Pangerang Charles dan Perdana Menteri Gordon Brown menyampaikan penghormatannya kepada Patch. "Generasi paling terhormat telah meninggalkan kita, tetapi mereka akan selalu dikenang," kata Brown.Patch beristrikan Ada, seorang gadis muda yang ditemuinya setelah sembuh dari luka akibat perang Passchendaele. Setelah Ada meninggal pada 1976 Patch menikah lagi.

Istri kedua Patch meninggal lebih dulu darinya. Demikian pula 2 anaknya yang dia peroleh dari pernikahan pertamanya
sumber:detik.com

Tidak ada komentar: